Aturan Penting Penggunaan Nomor di WhatsApp Business Platform

Saat ini WhatsApp telah menjadi alat komunikasi utama yang digunakan oleh berbagai binis untuk menjangkau pelanggan. Dalam penggunaannya, terdapat dua perbedaan antara WhatsApp Business App (aplikasi gratis untuk bisnis) dan WhatsApp Business Platform (Whatsapp API).

Kedua WhatsApp tersebut memiliki aturan penggunaan nomor telepon yang sangat berbeda dan ketat. Kesalahan seperti proses registrasi atau penghapusan nomor dapat berakibat fatal dan permanen. Agar tidak salah langkah, berikut tiga aturan krusial yang harus dipahami:

1. Penggunaan Nomor

Saat Anda memutuskan untuk mendaftarkan nomor ke WhatsApp Business Platform (WhatsApp API), nomor tersebut tidak bisa digunakan lagi untuk login di WhatsApp Business App biasa ataupun aplikasi WhatsApp personal.

2. Penghapusan Nomor

Penghapusan nomor memiliki resiko tinggi. Hal ini dikarenakan nomor yang telah didaftarkan kemudian dihapus, nomor tersebut tidak bisa didaftarkan kembali di WhatsApp API dimasa depan.

3. Penggunaan 2 Platform

Penggunaan 2 WhatsApp yaitu WhatsApp Business App dan WhatsApp Business Platform, maka harus dimulai dengan menggunakan nomor baru. Nomor yang didaftarkan harus memiliki riwayat penggunaan yang aktif dan wajar atau memiliki aktifitas yang cukup. Hal yang mempengaruhi aktifitas nomor yang digunakan belum dapat dipastikan apa saja klasifikasinya. Hanya Meta yang dapat menentukan cukup atau tidaknya aktifitas sebuah nomor.

Scroll to Top